Halo Dunia!

“Hello World !” hehehe…..ungkapan yang sangat tidak asing bagi saya, setiap saat selalu mengisi angan-angan saya. “Hello World !” mengingatkan saya saat pertama kali belajar Bahasa pemrograman, saat itu adalah Bahasa C dengan menuliskan perintah printf (“Hello World”) dan setelah melalui proses compile muncullah tulisan “Hello World !” di layar monitor yang pada saat itu masih CGA Monochrome. Mungkin bagi sebagian orang ungkapan “Hello World !” tidak berarti apa-apa, tetapi bagi saya ungkapan tersebut mempunyai makna yang sangat mendalam atau mungkin sebagai sebuah warning yang berkata Awas Anda akan Memasuki Dunia Digital yang hanya akan mengenal 0 dan 1, on dan off, true dan false atau apapun istilahnya. Dari perspektif saya ungkapan itu merupakan sebuah awal atau katakanlah sebuah Turning Point dari pengalaman saya selama ini di dunia nyata dan diperkenalkan pada sebuah dunia baru yang disebut Dunia Digital. Memang dalam beberapa dekade terakhir Dunia Digital telah merubah aspek-aspek kehidupan sehari-hari manusia dan menjadikannya sebuah Dunia Tandingan yang terlepas dari kekurangan-kekurangan yang dimiliki manusia di dunia nyata, semua serba sempurna, semua serba cepat, semuanya ada dan bahkan sekarang semuanya bisa dibeli di dunia semu ini. Tetapi apakah kita harus mengabaikan sistem-sistem yang berlaku di dunia nyata…?? Mungkin sistem-sistem yang mempunyai hasil pasti bisa kita terjemahkan ke dalam tatanan Dunia Baru ini, tetapi sistem-sistem yang bersifat tidak absolut atau manusia banget tidak akan mungkin bisa diterjemahkan secara sempurna ke dalam Dunia Digital karena tatanan sistem itu sendiri masih bersifat ke-manusia-an yang butuh keseimbangan antara hati nurani dan akal sehat, yang hanya mungkin diterjemahkan oleh Sang Pencipta Manusia. Memang untuk memasuki Dunia Digital butuh suatu perantara atau katakanlah Interface. Perantara tersebut adalah sebuah sistem komputer dengan segala kelengkapannya, selanjutnya apakah sistem komputer menjadi segala-galanya…??? Sekarang sebagian besar aspek kehidupan sehari-hari memang sangat tergantung dengan sistem komputer, tetapi bukan berarti menjadikan teknologi digital canggih itu sebagai Tuhan Baru dan bisa mempengaruhi manusia dan merubah manusia menjadi apapun. Sistem itu hanyalah sebuah Supporting Systems yang bersifat membantu pekerjaan manusia dan sangat tergantung pada kinerja manusia sepenuhnya. Atau lebih jauh lagi Human Resources atau Sumberdaya Manusia masih merupakan hal terpenting pada pengelolaan sistem ini. Jika manusia mempunyai niat jahat menjalankan sistem ini hasilnya juga akan menjadi tidak berguna dan bersifat Destruktif sebaliknya jika niat itu baik maka hasilnya akan sangat luar biasa dan sangat membantu. Apa mungkin ini merupakan cita-cita Bill Gates tentang information Super Highway dimana segala sesuatunya bisa begitu cepat dan sempurna……saya sendiri tidak tahu. Yaah…..mungkin inilah sedikit cerita saya tentang ungkapan “Hello World !” ……hehehehehehe

2 thoughts on “Halo Dunia!

  1. Permisi mas friedie, Whehehe…Saya terkesan ama postingan mas diatas, saya sendiri klo belajar pemograman pake bahasa basic (turbo pascal yg skrng visual basic) itu susahnya minta ampun dgn kode kayak: DO BEGIN, IF ELSE,GOTOXY, dan apalah.. namanya…, Wah seandainya saya jadi mas yang nggak cuma nguasai dunia analog tapi juga nguasai dunia digital (IT),mungkin saya tidak merasa canggung (gaptek) dengan dunia komputer dan dunia digital lainya.

    Wassalam

  2. hehehe….memang analog dan digital seharusnya berjalan seiring Mas Dani, dan bukan itu saja dengan dunia digital seperti internet sekarang ini kita sudah banyak tertolong, contohnya untuk mencari rangkaian pre-amp atau poweramp tabung menjadi lebih mudah, dulu mungkin akan sangat susah, tetapi bukan berarti kita begitu saja melupakan “dunia analog”, dan menurut saya, kalo memang saya lahir di jaman itu, dan masih menjadi “analog kid”, alhamdulillah, karena sampai saat ini suara2 analog terutama yang dihasilkan tube masih tetap yang terbaik…hehehe..

    Salam

    Fridie

Tinggalkan Balasan

