Amplifier Tabung Made In China….

Siapa tidak tahu China ? saya rasa semua orang tahu bahwa China adalah negara besar dengan fenomena-fenomenanya terutama pada dua dekade terakhir. Banyak orang berpikir bahwa china atau ‘made in china’ merupakan bukti barang dengan produksi massal dan berkualitas rendah, ada benarnya tetapi tidak selalu seperti itu. China merupakan negara dengan industri nomor satu di dunia baik dari segi teknologi maupun jumlah industri basisnya. Anda dapat bayangkan bahwa ponsel canggih iPhone tidak diproduksi di Amerika Serikat karena pertimbangan bahan baku dan perakitan, dan akhirnya diproduksi secara massal di China dengan penunjang bahan baku yang cukup besar dan tenaga kerja yang cukup representatif pula.

Demikian halnya dengan audio dengan basis tabungĀ  / electron tube (pre-amp, power amp dan lain-lain). Banyak pabrikan maupun industri rumahan China kini mulai merambah dunia audio tabung dengan berbagai macam seri dan tipe tabung terpasang. Beberapa industri bahkan membuat seri-seri high-end yang mumpuni dari segi kualitas. Anda dapat sekedar melihat atau mencobanya di beberapa toko audio dan pasar elektronik di Indonesia, contohnya di Glodok , disana banyak terlihat toko-toko memajang produk-produk audio tabung china dengan harga yang bervariasi.

Sekedar berbagi pengalaman, saya mendapat hadiah dari teman di AS sebuah amplifier tabung china dengan merek MENG YUE, yang dilengkapi dengan 2 tabung EL-34 dan 2 tabung 6N2, yang dibeli dari toko online Ebay. Pada awalnya saya begitu penasaran dan ingin mencoba seperti apa kemampuan amplifier tabung buatan china tersebut. Setelah barang datang di rumah, saya bergegas mengeluarkannya dari box (yang notabene box-nya seperti box biscuit..hehehehe….) tetapi tak apalah yang penting amplifier itu terlindungi dengan baik.

Benar saja, ketika saya coba, ada sedikit kendala pada tombol ‘function’ untuk memindah input source, dengan sedikit usaha saya harus membongkar amplifier tersebut untuk memperbaikinya dan akhirnya berfungsi juga. Amplifier sudah terpasang dan kabel-kabel sudah terpasang juga. Tiba saatnya untuk mencoba, ketika dihidupkan tabung mulai menyala perlahan, dan nyala warna biru pada kedua tabung kecil 6N2 menjadikannya lebih menarik. Tabung EL34-nya juga terlihat menyala normal pada filamennya. Pada intinya amplifier ini sudah 100% bekerja.

Giliran untuk mencoba suaranya, saya pilih beberapa lagu dengan berbagi macam karakter untuk mengetahui kemampuan amplifier ini, yang masih orisinil dengan keempat tabung buatan china-nya. Lagu pertama yang saya coba adalah lagu dari LED ZEPPELIN ‘Since I’ve been Loving You’ yang nge-blues. Hasilnya cukup lumayan meskipun karakter gitar di suara tengahnya agak kedodoran juga tapi paling tidak kita dapat Bass dan High frequency yang lumayan. Lagu kedua saya ambil dari NORAH JONES ‘Come Away with Me’, disini tabung-tabung china ini terlihat bagus, suara vokal memang masih kurang menonjol tapi secara umum sudah clear dan cukup bening. Lagu berikut dari SANTANA ‘corazon espinado’ mengapa lagu ini karena di lagu ini terdapat banyak instrumen sebagai background musiknya. Hasilnya cukup lumayan juga beberapa instrumen penunjang seperti bongo di backgroudnya terdengar ‘hidup’ selain distorsi gitar khas SANTANA. Overall amplifier ini cukup layak, meskipun tesnya nggak sampai detil sekali.

Berikutnya, karena saya sedikit kurang puas maka saya coba mengganti tabung-tabungnya dengan yang ‘made in Russia’, dengan mengganti 2 EL34-nya dengan merek SVETLANA dan juga 2 tabung 6N2 dengan 6V2 yang juga SVETLANA. Hasilnya sangat menakjubkan dan hampir tidak dapat dipercaya, karakter suara menjadi tidak halus lagi, pada lagu ‘Since I’ve Been Loving You’ suara gitarnya menjadi renyah dan seolah overload terdengar pada speaker. Selanjutnya pada lagu NORAH JONES, vokalnya menjadi lebih smooth dan dominan dan pada lagunya SANTANA lebih terlihat jelas distorsi dan sliding gitarnya dan suara snare drum yang lebih ‘padat’ serta background musik bongo terlihat mengisi ruang kosong pada musiknya. Saya cukup puas dengan sedikit modifikasi ini, dan kembali tersenyum.

Pada dasarnya jika kita ingin sebuah amplifier tabung, namun budget kita tidak cukup besar untuk membeli amplifier-amplifier buatan eropa, atau kita tidak mampu untuk merakit sendiri, Amplifier Tabung China bisa menjadi solusi yang cukup murah, tentunya dengan suara yang tidak bagus-bagus amat, tetapi tidak bisa diremehkan juga, dengan beberapa modifikasi pada tabung saja sudah menjadi cukup mumpuni. Yang dapat diambil dari pengalaman ini adalah produk produk China, terutama amplifier tabung tidaklah selalu jelek, tergantung dari bagaimana kita memodifikasinya yang tentunya sesuai dengan budget masing-masing. Terima kasih semoga berguna….

4 thoughts on “Amplifier Tabung Made In China….

    • Terima kasih komentarnya Mas rudi, Salam kenal…

      Memang harus sedikit berkreasi kalo mau tuning agar barang yang murah bisa menghasilkan suara yang lumayan….

    • Kalo, via ebay biasanya ada rate penjualnya Mas Toni, kalo bagus kemungkinan barang akan terkirim dengan selamat….meskipun agak lama…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s