Tentang Badai Digital

Seorang yang biasa-biasa saja, dan cuma pengen menulis apa saja, tertarik pada bidang-bidang lingkungan, teknologi dan strategi militer, komputer dan mikroprosesor, elektronika, audio (khususnya tube atau tabung), kadang-kadang aneh, hobi ngopi sambil nongkrong sama temen-temen.

36 thoughts on “Tentang Badai Digital

  1. Salam kenal Mas Fridie

    Saya edi dari Lampung, saya coba cari informasi untuk masalah audio Tube dan ketemu dengan

    “Badai digital _ Tabung untuk semua” sangat menarik ya….

    Dan saya baca banyak pertanyaan dari teman2 buat Mas “unto3100”

    JAdi saya juga tertarik dan mau tanya dan minta pendapatnya.(karena saya belum punya dan tidak tahu

    Tentang perangkat audio Tube “ kalau baca dari tabung untuk semua koq saya sangat tertarik sakali ….)

    Perangkat saya :

    – player DVD 1940 Denon (sacd) beli karena kata toko suara untuk music bagus dan bias SACD (ngebayangi bisa

    stel music 6 kanal seperti di panggung pentas musik he .. he…..

    Amp Reciver Denon 2807 ( biar macth sama Player untuk denger music 6 kanal…..

    Speaker B&W B&W 805 S ( tambahan setelah kecewa dengerin pakai paket HT B&W)

    Speaker B&W 685 dan center speaker B&W HTM 62

    Sub woofer ASW 600

    Riwayat:

    Saya pertama beli perangkat Audio kepingin denger music enak (yang Utama) tapi biaya murah dan bisa stel Film ala HT

    Jadi saya beli paket tersebut diatas minus B&W 805, karena sebelumnya pake surround B&W 686 (abis terpengaruh majalah sich…..)

    Setelah saya pakai dan setting sendiri (pingin dan hobi .. coba-coba he.. he…) sesuai petunjuk… hasil nya: koq tidak seperti yang saya bayangkan

    (saya bandingkan dengan yang di mobil saya) sampai pusing dan ngelamun trusss………

    Akhirnya saya ganti conector dengan RCA XLO ultra 1 dan kabel speakernya XLO Ultra 6 dengan harapan bisa bagus ternyata lumayan untuk musik stereonya,

    Masih ngelamun juga Mas……. Akhirnya saya ganti speaker 686 dengan B&W 805 S yang kata penjualnya sip……… punya

    Di coba lagi koq ya masih tidak enak……….. (tidak bisa dimakan….. kali ….. he… he……..

    Saya coba Search di Internet untuk cari informasi audio yang bisa Mak Nyusss ………………. Kata Pa BOndan.

    Dan saya ter tarik dengan audio Tube , maka cari lagi informasi tentang tube ampli yang rencananya buat narik tuch BW 805 nya biar bagus tapi katanya mesti

    Pakai Pre amp juga dan player CD jadi terpisah dengan perangkat HT (buyar dech harapan semula ………….. dan pusing juga nich mas buat nyediakan dananya)

    Saya coba cari dari internet dan imformasi dari teman baru akhirnya saya beli player CD Tube Made in China Merk Winner dan lagi di Upgrade (katanya teman sich……

    Pasti sip………………… saya percaya aja. ……… untuk biaya belajar………..) dan belum dicoba.

    Pertanyaanya:

    Saya bingung mau pakai Amp integrated Tube atau Pre Amp + power dengan biaya yang murah dan sesuai dengan speaker BW 805 saya?

    Barang beli Baru atau Bekas? ( kalau dengan budge terbatas katanya beli bekas tapi merk)

    Kalau Ampl Int Cary SLI 80 dengan JAdis orchrestra bagus mana? Sesuai dengan speaker saya?

    Kalau amp tube DIY bagaimana Mas kwalitasnya?

    Dan saya minta saran sama Mas Fridie untuk perangkat saya kedepannya supaya tidak ngelamun terus………

    Maaf ya Mas fridie kalau saya banyak cerita dan tanya, habis bingung….. kalau tanya ke took semua nya oke dan sip………

    Terima kasih atas atensinya

  2. Salam kenal juga mas Edi, terima kasih udah mampir di blog saya,

    1. Untuk memutuskan memakai integrated tube dengan pre amp + power, kalo pengen yang murah biasanya cukup beli pre-amp tabungnya aja dikombinasikan dengan power yang sudah anda punya, masalah sesuai atau tidaknya tergantung pada tabung yang dipakai, karo speaker BW 805 biasanya lebih cocok pake tabung2 buatan rusia atau inggris sepetri electro harmonix atau GE.

    2. Kalo memang dana terbatas beli bekas pun..nggak ada masalah, selama yang jual menyediakan barang2 yang cukup representatif, dan sekali lagi bukan masalah merek tetapi karakter dari power tabung itu sendiri, apakah sudah sesuai dengan selera bermusik anda

    3. Cary SLI 80 berkarakter amerika, jd cocok untuk lagu2 dengan nuansa amerika, seperti green day, maupun vokalis2 amerika lain seperti Frank Sinatra dan lain2 sedangkan Jadis Orchestra sangat bagus untuk mereproduksi musik-musik yang khas perancis dengan detail instrumen yang terang, contohnya musik2 dari Genesis atau Jean Michael Jarre, masalah bagus atau tidak juga tergantung dengan musik apa yang kita sukai, dan dijadikan sebagai referensi untuk menentukan merek power tabung yang akan kita beli.

    4. Selama ini, karena memang budget saya sangat terbatas, saya menggunakan amplifier tabung yang DIY saja mas, tinggal bagaimana kita memilih rangkaian yang tepat sesuai dengan selera kita, sebagai contoh saya mencomot rangkaian SRPP untuk membuat sebuah pre-amp tabung dengan komponen umum yang dijual di pasaran, tetapi hasilnya lumayan bagus, meskipun di beberapa sisi masih kurang sempurna.

    Mengenai perangkat mas Edi sebenarnya sudah sangat mencukupi, anda tinggal menambah pre-amp atau kalo memang punya budget lebih, ditambah juga dengan power amplifier tabung, dengan karakter yang sesuai dengan system anda, untuk system yang anda sebut diatas sebaiknya menggunakan power tabung jenis Push Pull, untuk menambah “daya tendang” system anda terutama pada saat dipakai untuk memainkan film. terima kasih.

    Salam

    Fridie

  3. dear bro, gw tertarik ama kalimat pre-amp yang bikinan sendiri alias DIY, gw dari dulu selalu mengimpikan proyek bikin amp dr tube, aku udah ngumpulin bahan skemanya.. di internet sih betebaran cuma punyaku gak ambil dari situ..terlalu banyak jadi bingung nentuin yg mana..cuma apa ada yg jual tube itu di jakarta/glodok? dari kesemua komponen hanya soal tube aja yang gak dapat2..

    thanks
    jaco

  4. terima kasih udah mampir mas Jaco, kalo masalah tube saya rasa Glodok adalah tempatnya, maksunya disana banyak sekali menjual tube beserta komponen2 pendukungnya mulai dari yang rendahan sampai yang hig-end. Mungkin untuk pertama kali mas Jaco bisa tanya2 orang di glodok untuk membuat Pre-amp tabung merekan punya modul sederhana beserta rangkaiannya….dan ada pula yang dalam bentuk PCB, dan kita tinggal cari dan pasang socketnya. Terima kasih, selamat berburu tube mas Jaco, saya yakin anda pasti akan mendapatkannya di Glodok.

    Salam

    Fridie

  5. thanx bro atas penjelasan.. sebelum aku searching kesana aku perlu collect info2 mengenai tube ampli biar gak bego2 amat waktu ketemu ama yg jual.. btw ada 2 model yg aku tertarik, model dynaco ama marantz, yg marantz tipe 7 & 8 katanya ini kelas legend (bukan high lagi) dan sudah ada pcbnya padahal menurut penjelasan sampeyan dan logic electronica tipe wiring lebih rendah humiditynya nah ini yang aku mau pake.. padahal skemanya njelimet banget, marantz ini kayaknya ampli .. ada juga skema dari model macintosh ..saran sampeyan dari 3 model ini mana yg recomend? kalo utk selera music aku all round..genesis, marillion, judaspriest, iron maiden, flower kings, rush, dream theater, waljinah, umm kulthum, fayrus, makara doyan .weather report, mahavishnu oke…

    salam

    Jaco

  6. Terima kasih Mas Jaco, kalo melihat selera musik anda, memang kurang lebih sama dengan saya, dan kebanyakan band2 progressive rock dan jazz dan heavy metal, saran saya anda menggunakan MARANTZ karena sesuai dengan selera musik anda, nanti masalah suara-nya anda bisa bereksperimen dengan bermacam-macam merek tabungnya seperti GE, Mullard, Electro-Harmonix, Philips, Jan, Telefunken, dan lain-lain, karena masalah suara ini memang tergantung dari selera masing2 cuma saya memebri saran berdasarkan musik2 yang anda sukai. Selamat mencoba Mas Jaco. Terima kasih

    Salam

    Fridie

  7. halo..salam kenal mas.
    saya punya sistem sbb:
    stereo :
    CD NAD 502
    pre amp/integrated NAD 3020i
    power amp Uher UMA-1000
    speaker infinity RS 3001 bookshelf

    home theather
    DVD Cina merk Amazone
    AV Receiver Yamaha RXV 340
    front speaker Mordaunt short Avant 904
    centre Rogers RC200
    suround Rogers DL10

    kabel untuk stereo dan home theathre saya pakai biasa punya karena ga ada budged.

    menurut bapak untuk buat sistem stereo yg bagus untuk lagu jenis vokal dominan,
    apa yang ada dari sistem saya ( atau korban yang home theathre juga boleh )yang bisa saya pakai dan pasangan apa yang cocok supaya lebih bagus?

    saya lagi tertarik untuk amp tabung,apakah cocok pakai preamp solid state + power tabung?

    juga apakah tau kalau pengen buat subwoofer sendiri cari amplifier aktif rangkaian sendiri mana yang jual?

    terima kasih banyak sebelumnya.

  8. Salam kenal juga Mas Tejo, kalo memang anda ingin membuat sistem stereo yang cukup representatif untuk jenis lagu dengan vokal dominan, saya rasa anda sudah hampir 90% memiliki sistem tersebut, CD NAD 502, Pre-amp / integrated NAD 3020i dan power amp Uher UMA-1000, juga speaker infinity RS 3001, mungkin anda tinggal menambah sedikit “kesan” tabung dengan membeli pre-amp tabung (jika memang punya dana lebih), tp saya rasa kalo pre-amp tabung cukup terjangkau harganya. jadi susunannya akan menjadi CD NAD 502 – pre-amp tabung – pre amp / integrated NAD 3020i – Power Amp Uher – Speaker infinity RS 3001. Cocok atau tidak cocoknya memang tergantung selera, tapi secara umum kalo memang pre-amp solid state + power tabung memang cukup bagus, apalagi untuk lagu-lagu baru dengan karakter yang cepat seperti fusion jazz atau rock. Kalo pengen buat subwoofer sendiri, rangkaiannya atau skemanya bisa dicari di internet atau bahkan di Glodok juga banyak. Terima Kasih.

    Salam

    Fridie

  9. terima kasih atas info nya,10% kekurangannya mungkin bisa diperjelas mas,maklum masih pemula …..
    untuk subwoofer kalau mau buat amp bagusnya model apa?saya lihat di internet ada kelas A,B,AB dan D.
    kalau di glodok apa ada nama toko atau alamatnya?

  10. Mas Tedjo, 10% kekurangan itu adalah pre-amp tabung itu sendiri, paling tidak ada 1 pre-amp tabung di sistem anda, dan akan menjadikan reproduksi suara stereo anda terutama vokal akan menjadi lebih “hidup”, karena sejauh pengalaman saya sistem terbaik untuk lagu-lagu dengan vokal dominan hanyalah sistem tabung, baik itu pre-amp maupun power-nya. Kalo memang mau bikin subwoofer ya sebaiknya memang class A, karena akan menghasilkan tendangan bass yang mantap terutama jika digunakan untuk nonton film dari DVD misalnya. Kalo di Glodok memang tokonya banyak sekali mas tedjo, dicoba kesana dan tanya toko2 disana pasti ketemu. Terima Kasih

    Salam

    Fridie

  11. Permisi mas friedie, klo saya lihat di koment sblmnya, selain tube,speaker juga punya karakter ya mas, kebetulan saya punya sepasang spk lonjong 7” 2,5W (rms)bekas dari TV Sharp model lama (Thn 70-an)yang masih pake tirai teru sepasang spk kotak 4” 5W (rms) bekas TV Sanyo keluaran thn-90-an. Yg saya maw tanya, apa cocok spk2 itu dipake dgn tube2 jepang kayak: Toshiba,NEC,dll yang biasanya bersuara enteng sekali itu mas?.

    Wassalam

  12. Memang speaker juga mempunyai karakter Mas Dani, dari speaker yg dicomot dari TV Sharp berbentuk lonjong dan speaker kotak 4″, tinggal dilihat apakah speaker-speaker tersebut memiliki magnet yang cukup besar atau kecil saja, jika magnet di belakang speaker cukup besar, cukuplah untuk reproduksi suara tabung2 jepang, tapi kalo magnet itu berukuran kecil, seperti biasa terdapat pada speaker2 televisi secara umum hasilnya akan kuat di midrange atau suara middle saja, bass dan treble-nya biasanya ala kadarnya saja, lebih bagus lagi kalo speaker tersebut berjenis full range, seperti yang banyak saya lihat di TV lama, secara umum akan cocok untuk tabung2 buatan jepang, dengan dentum bass yang secukupnya dan tidak terasa nendang. Terima kasih.

    Salam

    Fridie

  13. Mas Unto, salam kenal.

    Saya ini penikmat stereo. Jaman dulu saya suka ngerakit sendiri, tapi ilmunya sih masih ‘ilmu berani coba’ saja.

    Saya tertarik dengan ampli2 Hi-end China yang banyak ditawarkan di internet. Gila, ampli Hybrid Bada Purer 3.3, preamp tabung dan penguat akhir kelas A, 80Watt (!) dijual dengan harga RM3800 an di e-bay malaysia. Ini sekitar Rp.10 Juta. Seluruh komponennya kelas wahid. Sampai ngiler saya… Gimana bisa uji dengar ya?
    Pernah punya pengalaman dengannya? Atau ampli cina merek lain? Ada nggak ya di Mangga dua ya?

  14. Salam kenal juga Mas Samingun, terima kasih udah mampir di blog ini, sejauh pengalaman saya, ampli2 tabung cina banyak juga dijual di Mangga Dua maupun Glodok, terutama ampli yang tube powered, memang sebagian besar dari ampli cina tersebut, terutama yang di glodok dan mangga dua, harganya cukup murah tetapi sebagian besar reproduksi suaranya kurang bagus, mungkin karena komponen yang dipake, tetapi bukan berarti ampli cina kurang bagus, beberapa merek yang saya lihat di internet dilengkapi dengan komponen2 kelas wahid juga dan kelihatannya memang cukup bagus, dengan harga yang cukup murah juga untuk ukuran high-end. Kalo mas Samingun mau coba, bisa beli di glodok, beberapa toko menawarkan ampli tabung cina dengan harga yang cukup murah, dan nanti bisa diganti beberapa komponennya dengan komponen2 kelas wahid seperti transformator, kapasitor dan resistornya…dan yang lainnya dengan komponen2 ternama, dan juga bisa berkesperimen dengan mengganti tabung2-nya. Terima kasih.

    Salam

    Fridie

  15. salam kenal mas.

    mungkin pertanyaan saya sedikit melenceng, saya punya preamp 15watt dg 4 ic, yg 1 TDA 2050 dg pendingin, 2 lagi TL 072 dan terakhir BA 4560, normalnya preamp ini menggunakan speaker 8 inch, yg mau saya tanyakan apakah preamp ini bisa dipasang 2 speaker 12 inch?
    terima kasih.

  16. Salam kenal juga mas Alex,

    kalo masalah speaker sih, bisa saja anda pasang dengan speaker 12 inch selama impedansi-nya masih 8 ohm, tetapi yang perlu diperhatikan dengan keluaran yang cuma 15 watt, suara yang dihasilkan tidak akan maksimal, karena memang untuk speaker diatas 8 inch butuh power yang lebih besar. Tetapi kalo memang mau dipasang speaker 12 inch silakan saja, asal pada saat dipake tidak sampai memutar volume hingga mendekati maksimum karena IC anda akan overheat dan besar kemungkinan akan mati. Terima kasih.

    Salam

    Fridie

  17. Dear Pa Fridie,

    Baca blog bapak bikin saya merinding, pingin rasanya bisa merakit audio dgn perangkat tabung.
    Walaupun blm pernah dengar suara tabung, tapi baca blog bapak sudah kerasa nikmatnya.
    Boleh tidak saya konsultasi ke Bapak langsung by email ??? Kalo boleh, email bapak apa ya ???

    Utk tahap awal, biar murah & tdk dicemberutin istri, saya berencana bikin buffer tabung saja utk DVD player saya merk Phillips. Sedangkan powernya, saya hanya berencana merakit ampli kecil dgn IC LM 1875 or 3886.

    1. Pak, saya bingung nich. Biar kerasa suara tabung analognya, saya pake rangkaian SRPP, katoda follower atau yg lainnya. Saya sich suka segala jenis musik. Bisa jelasin gak pak Fridie, perbedaan & kelebihan tiap rangkaian tsb ???

    2. Oh ya, kemarin dgn sengaja saya sempetin ke Glodok, tapi saya nggak nemu toko elektronik yg jual komponen tabung. Pak, bisa info gak jelasnya di Glodok bagian mana or toko apa yg banyak jual tabung audio, bahkan kalo ada rangkaian/PCB yg sdh jadi. Seharian, lho saya muter2 ndak nemu.

    3. Pak, saya baca keluarga tabung 6N (6N6P, 6N1P, 6N2P) punya kualitas suara yg bagus. Apa bener itu pak.

    4. Kira2, berapa harga tabung audio yg paling murah tp masih bermutu seperti 6922, 6dj8, 12au7, dll

    Semoga Pa Fridie berkenan memuaskan rasa ingin tahu saya. Nuwun pak.
    Note : Pak Fridie dari Malang ???

    Arief Nurhidayat

  18. Salam kenal juga Mas Arief, Saya dari Malang…

    1. Memang untuk membuat sebuah pre-amp maupun amplifier tabung akan sangat dipengaruhi oleh jenis musik yang disukai, dan itu akan menjadi sebuah referensi tentang rangkaian jenis apa yang akan digunakan dalam pembuatan amplifier maupun pre-amplifier. Untuk rangkaian jenis SRPP biasanya lebih cocok untuk memainkan musik-musik yang lebih general atau all kind, dikarenakan karakter yang terang dengan detail yang bagus, kelemahannya pada musik-musik tertentu rangkaian ini kadang-kadang terasa kurang analog. Sedangkan untuk rangkaian Classic, seperti cathode follower, single ended maupun push pull, anda akan diberi pilihan dengan jenis tabung yang anda pakai sesuai dengan selera musik anda, kelemahan rangkaian ini pada aplikasi tertentu seperti lagu-lagu yang cepat ada kalanya kurang bagus. Kalo memang mas Arif suka musik-musik yang umum sebaiknya pakai rangkaian jenis SRPP atau Push Pull.

    2. Di Glodok saya udah lupa nama toko-tokonya, tetapi disana ada tempatnya memang ada beberapa toko yang menjual piranti-piranti pendukung untuk amplifier tabung. Atau bapak bisa minta tolong sama mas Dani, yang beberapa kali comment di blog ini, insha Allah dia akan beritahu dimana tempat mencari tabung yang murah di Jakarta, atau nanti bisa saya kirim ke e-mail Mas Arif.

    3. Saya kira semua jenis tabung audio menghasilkan suara yang sophisticated dan lain daripada yang lain, itupun tergantung dari skema rangkaian yang kita pakai dan juga selera musik masing-masing orang, keluarga 6N biasanya dipakai pada rangkaian Push Pull, dengan karakter untuk musik-musik seperti Blues atau Hard Rock.

    4. Harga tabung jenis seperti yang Mas Arif sebutkan yang paling murah ada pada kisaran 80 ribu sampai 300 ribu rupiah, yang paling murah mungkin 12au7 atau 12ax7 dan lebih gampang didapatkan, dengan harga baru kalo nggak salah sekitar 120 ribu per tabungnya.

    e-mail saya : unto3100@yahoo.ca

    Salam

    Fridie

  19. Wah, pa Fridie….

    Waktu pulang hari raya kemaren mestinya saya sempetin silaturahmi ke bapak. Biar bisa konsultasi lgsg.
    Saya udah baca blog bapak waktu puasa. Sebenarnya saya dah mikir, jangan2 Pa Fridie dr Malang, lha wong ada kata2 macam : Pasar Comboran, dll.

    Pa Fridie, tahap awal ini saya mo buat buffer tabung buat DVD Phillips saya, mungkin pake rangkaian SRPP dgn tabung 12ax7/12au7 (biar murah sesuai saran bapak & ndak bikin nyonya saya cemberut).

    Power supply saya munkin pake switch mode biar masuk box DVD (saya kemarin liat switch mode power supply buat TV, keliatannya ada yg tegangan 100V).

    Bagaimana pendapat bapak ???
    Berapa tegangan terendah 12au7/12ax7 yg masih bisa diterima ???
    Saya baca 6922 bisa pake tegangan rendah (2 X 35 V), apa benar ???

    Boleh ya, pak, saya nanti konsultasi langsung by email ke bapak ???

    Matur suwun.
    Wassalam.

  20. Seru ya bicarain tube…🙂 Salam kenal…! saya pertamakali mulai otak-atik Tube Audio tahun 1997, bareng Fajar, Julius, Ignatius Chen. 5 tahun ga pernah ngoprek, baru minat lg,… bicarain tube ga ada bosennya! Sumbang saran: @Mas arief Nurhidayat, hindari deh pake switching PSU…karakter tabung yg “warm”-nya sulit teraktualisasi…12AT7 aja,ga usah repot pake 120V…6,3V/12V cukup.. @Alex: di Hi-end prinsip dasarnya perangkat mesti ‘matching, nyambung dari awal (player) sampe akhir (speaker) termasuk kabel2, pemasangan kabel AC mesti bener jg (hati2 meski arus AC disepelein,di Hi-end ini berpengaruh besar terhadap suara!)..ga peduli DIY, Tube atw Solid. Kalo harus milih, produk 2nd amerika/eropa sm produk baru china yg harganya smp puluhan jt,saya pilih 2nd eropa…tinggal otak2 dikit, hasil pasti OK! atw rakit sendiri aja…

  21. Salam Kenal jugas mas Hermana, terima kasih udah mampir di blog ini.

    Memang kalo udah berbicara masalah tube nggak pernah ada habisnya, dan sepertinya tube adalah sebuah kenikmatan paripurna untuk mendengarkan musik, oleh karena itu banyak orang bilang amplifier tabung itu seperti “sounds of heaven”.

    Salam

    Fridie

  22. Terimaksih mas Fridie, setuju tube=sounds of heaven🙂 tapi dengan teknologi komponen saat ini yang semakin canggih, solid state pun tak kalah bagusnya. ditambah lg dengan ‘potensi telinga2 emas para pemula audiophile, saya semakin yakin, Hi-End ga harus dari perangkat ber’merk! DIY dengan kelas ‘rakitan glodok di jkt atw cikapundung di bdg pun kalau di buat dengan ‘benar (secara teori&pengalaman) dan dengan ‘hati tidak akan kalah dengan yang berharga mahal. seringkali saya ngeset/menginstal audio Hi-End ber’merk yg sangat mahal, tapi karena ketidak cocokan perangkat termasuk ruangan yang kurang mendukung, akhirnya jadi tidak maksimal.

    Oia,numpang kenal untuk mas Arief Nurhidayat, kebetulan mas,saya juga berencana merakit buffer CD + PowerAmp GainClone LM3886 300watt (6 IC)referensinya sih bagus & lg heboh2nya, PCB-nya rencana bikin sendiri,layout sdh jd. Nanti kita tuker2 informasi hasilnya deh…ya? Kalo ada yg kesulitan komponen, Tube,kapasitor,resistor,kabel2 yg sulit di pasaran boleh hub saya barangkali nanti saya bisa bantu… (Saya ga jualan mas Fridie, temen2 hoby banyak yg kelebihan stok barangkali mereka ada yg mau jual…hehe…)

  23. Nggak apa2 mas Hermana, terima kasih kalo disini kita memang bisa sharing segalanya termasuk untuk mencari komponen-komponen audio yang diperlukan. Dan memang perlu ditekankan sekali lagi nahwa high-end bukanlah semata-mata tergantung pada mahalnya komponen, tetapi lebih kepada hasil akhir reproduksi sistem audio itu sendiri.

    Salam

    Fridie

  24. met siang mas….
    tanya ni…kalo spiker aktif yang kata yg jual 8000 pmpo….bisa dak di jadikan spiker karaoke…..komponen aja yg di ganti…atau begitu aja…..ma kasih

    wass.
    eddy

  25. Salam kenal Mas Eddy,

    Speaker aktif memang didesain kompak dan integrated untuk mereproduksi suara dari sumber seperti komputer (pada umumnya), CD player dan lain-lain. Memang bisa saja untuk menjadikan speaker aktif menjadi speaker karaoke, dan rasanya apabila CD yang dimainkan dari CD player maupun DVD sudah dalam format karaoke, speaker akan otomatis menjadi speaker karaoke, contohnya kanal sebelah kiri akan terdengar suara musik saja dan kanal sebelah kanan akan mereproduksi suara vokal dari mic karaoke anda, jadi kayaknya nggak perlu merubah apapun disana. Tetapi untuk merubah speaker aktif menjadi speaker karaoke akan lebih rumit, karena speaker tersebut hanya didesain untuk menerima input dari source saja, entah itu musik atau karaoke. Sebaiknya anda membeli peralatan khusus karaoke daripada merubah speaker aktif menjadi sebuah prosesor karaoke yang hasilnya belum tentu bagus, karena banyak juga sistem karaoke dengan harga yang cukup representatif sekarang. Terima Kasih udah mampir di blog saya, semoga berguna.

    Salam

    Fridie

  26. Selamat malam Pak, salam kenal.

    Saya termasuk baru menerjuni dunia audio tabung dan sebatas pemakai. Baru- baru ini saya membeli Tube ampilfier produk Cina entah karena saya baru dengar atau memang benar kalau Tube itu karakternya Nice, Sweet, Warm, dan semua saya dapati disini. Sebelumnya saya berganti- ganti Solid State amplifier untuk mendapatkan suara yang saya idamkan diatas dengan kisaran harga masih dibawah 3juta hasilanya tidak dapat suara dengan karakter diatas, tetapi dengan menggunakan Tube Amplifier terjawab sudah.

    System yang saya gunakan saat ini adalah:

    CD Player Marantz CD6003
    Amplifier Meng Yue X1 (6N2 X 2 Input dan 6P1 X 6 Output)
    Speaker Floorstand Canton LE109

    Memang sudah sifat manusia pada umumnya sulit sekali merasakan puas (diatas langit masih ada langit) untuk itu Pak saya ingin bertanya sekalian minta informasi, apakah ada tabung pengganti 6N2? jika ada dimana saya bisa mendapatkannya? tujuan mengganti tabung untuk meningkatkan performa pada inputnya.

    Terima Kasih

  27. Salam kenal juga pak Yayat,

    tabung 6N2 mempunyai beberapa persamaan yang secara mendasar / kurang lebih sama, yaitu jenis2 tabung dengan kode 6DJ8/ECC88 dan 6922, kebetulan saya juga pakai amplifier china tapi saya me-replace tabungnya dengan yang buatan russia, dan suaranya memang jauh berbeda dan lebih warm daripada tabung bawaan aslinya. Untuk mendapatkan tabung2 tersebut saya ada langganan nih dimana saya baru saja ambil tabung russia tersebut mudah-mudahan berguna.

    untuk pembelian tabung 6DJ8/ECC88 dan 6922 bisa hubungi :

    Helmy
    (021)7352943 , HP 087877151072
    Email : helmy_pjmi@yahoo.co.id

    mudah2-an pak yayat bisa dapatkan tabung yang diinginkan, terima kasih pak semoga berguna.

    Salam

    Fridie

  28. Terima kasih atas respon dan informasinya yang sangat berguna dari Pak Firdie, segera saya akan hubungi yang bersangkutan.

    Salam,
    Yayat Supriyatna

  29. pak bisa minta tolong apakah ada toko tabung di lampung?saya sudah rakit preamp plus amplifier tapi masih kurang 2 tabung lagi,males ke glodoknya.

    • Terima kasih udah mampir di blog saya,

      Maaf pak, kalo di Lampung saya kurang tahu tempat / toko yang jual tabung, kalo nggak mau report bisa langsung liat di link web ini, ada macam2 tabung juga, beberapa tabung saya beli disini juga, tinggal pesan terus transfer dan dikirim lewat JNE.

      ini link webnya, semoga membantu. Terima kasih.

      http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2603676

      Salam

      Fridie

  30. Untuk ruang keluarga ukuran 5 x 8 myth, tinggi plafond dari lantai 4,5 mtr sebaiknya menggunakan player karaoke hardisk merk apa yg jumlah lagunya kumplit tradiional,pop indo,barat dll, serta amplifier dan speaker jenis merk apa? Krn ruangan tdk berperedam dan open, terima kasih.

    • Salam kenal Mas Asep,

      Untuk ruang keluarga dengan ukuran yang telah anda sebutkan, sebaiknya anda memakai Media Box seperti Dune atau yang lainnya dengan dukungan amplifier dan speaker karaoke seperti merk BMB (biasanya dijual satu set amplifier + speaker) dengan power yang tidak terlalu besar (kisaran 100 watts) untuk menghindari kebisingan yang akan ditimbulkan karena ruangan anda tidak berperedam. Terima kasih, semoga berguna.

      Salam

      Fridie

  31. Salam kenal mas firdie..

    maaf sya mau tanya,apakah baik jika amplifier gitar kita pakai untuk mendengarkan musik ? dan apa ada perbedaan spek komponen untuk ampli audio dan ampli gitar ? kebetulan sya punya ampli gitar hybrid mini 20watt dngn merk “orange” tipe “micro terror” dngn tabung bawaan merk JJ ecc83s. speaker sya hubungkan ke output headphone yg ada di ampli.

    • Salam kenal juga Mas Yohanes, terima kasih udah mampir disini…

      Secara umum memang amplifier gitar bisa juga untuk mendengarkan musik, tetapi apakah dugaan saya ini benar bahwa amplifier gitar didesain dengan output mono / monaural ?, atau sudah ada amplifier gitar dengan output stereo ? kalo memang udah bisa output stereo, tidak akan ada masalah untuk mendengarkan musik melalui amplifier tersebut. Alangkah baiknya Mas Yohanes cek dulu di buku manual amplifier tersebut, untuk mengetahui lebih detail tentang output amplifier tersebut mono ataupun stereo. Terima kasih, semoga membantu.

      Salam

      Fridie

  32. hallo mas fridie apa kbrnya ? semoga sehat selalu ya mas.. sblmnya mohon maaf baru bisa berterimakasih sekarang atas masukannya,stlh sya baca manual booknya memang ampli ini dilengkapi output stereo guna latihan dikamar menggunakan headphone. mungkin nanti mas fridie bisa ikutan nyoba krn menurut sya suara dari ampli ini cukup bagus dan detail.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s