GUESTBOOK

19 thoughts on “GUESTBOOK

  1. Pak Fridie, salam kenal.
    Membaca postingan-postingan anda sepertinya anda telah banyak pengalaman dan sangat menguasai pengetahuan tentang tabung. Ma’af apa bisa saya minta foto satu atau beberapa tabung koleksi anda? Nanti kalo saya bikin postingan tentang tabung akan saya ikutkan beserta link ke blog anda. Boleh juga jika anda berkenan ikut menulis di blog saya terutama tentang rangkaian-rangkaian elektronika yang menggunakan tabung beserta pengalaman-pengalaman anda yang sepertinya sangat menarik untuk di-share dengan yang lain sesama penggemar elektronika.
    Jika anda berkenan, nanti akan saya invite untuk jadi author juga di blog saya.
    Silahkan balas ke e-mail saya jika tidak merepotkan (andraps@gmail.com)
    Trima kasih sebelumnya.
    Salam
    Andra ~

  2. terima kasih juga, sudah mau mampir ke blog saya Mas Andra, dan terima kasih banyak juga kalo bisa share di blog anda terutama tentang tabung, saya langsung akan mampir ke blog anda sekedar untuk bertemu sama penggemar elektronika lainnya. Terima kasih. Mengenai koleksi saya nanti akan saya ambil beberapa foto-nya.

    Salam

    Fridie

      • yang pasti ada…seperti merek2 ELECTRO HARMONIX…bahkan dari inggris ataupun tabung2 buatan amerika sampai buatan china. harganya tergantung dari jenis dan tipe tabung itu sendiri dan rare atau tidaknya. thx.

        Salam

        Fridie

  3. mas, kalo bikin ampli tube yg 10 watt stereo harganya brapa ya mas? bikinnya yang paling sederhana, maksudnya ga ngeluarin duit banyak gitu lho🙂 mas minta emailnya dong mo tanya2 sekalian di yahoo messenger, dan tanya detailnya…. makasih !!!

  4. Permisi Mas Friedie….

    Saya pengen ampli tube paling murah 2×10 watt stereo, paling sederhana, kira2 harga brapa ya mas ?

    Di jogja ga ada yg jualan seperti itu, saya harus cari ke mana ?

  5. Salam kenal mas Ajapul,

    untuk membikin amplifier tube dengan power 10 watt stereo, dengan rangkaian yang sederhana mungkin masih akan menelan biaya diatas 2 juta rupiah, dengan menggunakan rangkaian push pull, sedangkan jika menggunakan rangkaian single ended akan jauh lebih mahal. Tetapi ada solusi yang cukup murah untuk itu, yaitu dengan menggunakan rangkaian hybrid, yaitu dengan penggabungan antara pre-amplifier tabung dan power solid state, dengan dana +/- 600rb rupiah mungkin anda bisa membuat pre-amp tabung yang cukup representatif, tinggal menambah power amplifier solid state atau mungkin memakai integrated amplifier, dengan suara khas tabung yang masih kental. maaf mas ajapul kalo di jogja sih, saya kurang tahu tempat menjual barang2 elektronik seperti itu, tapi temen2 bilang malah di Semarang yang banyak menjual peralatan2 tersebut, pastinya saya belum tahu juga, kalo di surabaya memang ada di Pasar Genteng dan di daerah Makam peneleh, sedangkan saya di Malang, jarang juga toko yang menjual komponen2 tersebut. E-mail saya unto3100@yahoo.ca, id yahoo unto3100. Terima Kasih.

    Salam

    Fridie

  6. Salam Kenal Kembali mas Fridie

    “dengan menggunakan rangkaian hybrid, yaitu dengan penggabungan antara pre-amplifier tabung dan power solid state, dengan dana +/- 600rb rupiah mungkin anda bisa membuat pre-amp tabung yang cukup representatif, tinggal menambah power amplifier solid state atau mungkin memakai integrated amplifier, dengan suara khas tabung yang masih kental.”

    Dengan harga +/- 600rb ini dah stereo apa masih mono mas Fridie?
    Seumpama saya pengen, mas Fridie bisa mbikinkan to mas ?🙂
    Saya tunggu jawabannya ya mas!!

    Makasih mas Fridie

    NB : Saya pernah dibilangin gini ama salah satu toko elektronik di jogja, ” Mas itu kok aneh – aneh sih belinya!”. Bisik penjual ama penjual satunya. Tapi saya denger banget kalo dia bilang gitu.

  7. Terima kasih, mas ajapul

    dengan harga +/- 600rb anda sudah mendapat pre-amp stereo, kalo untuk membikin mungkin saat2 ini saya udah nggak sempat (banyak kerjaan), atau bisa cari di internet ada beberapa orang yang bisa produksi pre-amp dan dijual dengan kisaran harga 1,5 juta untuk phono stage dan headphone pre-amp. Sekali lagi maaf Mas ajapul, bukan saya tidak mau bikinkan untuk anda, tetapi karena saya saat ini bekerja di salah satu surat kabar di Malang, waktu jadi sangat terbatas, jadi hampir nggak ada waktu luang dan hampir gak pernah libur. Saya juga pernah mengalami hal tersebut, dan dibilang cari barang yang aneh-aneh, hehe….tapi memang begitulah karena yang dicari memang barang hobi yang cukup aneh menurut kebanyakan orang.

    Salam

    Fridie

  8. pergi ke toko mo beli suatu barang dan saya liat barang itu ada. dengan semangat dan senang hatiku, aku hampiri barang tersebut. dan setelah hampir deket ehhhh ternyata hanya gambarnya aja……., itulah gambaran perasaanku saat ini mas fridie. huaaaaaaaaaa………..

    tapi saya lom menyerah mas fridie
    tolong mas, sapa tau ada teman yg bisa, link atau website yg ada di indonesia

    tolong ya mas, masih pengen ampli tube nih

    oh ya mas, saya kerjanya di ISP ( Internet Service Provider ) di Jogja.
    Selamat bekerja ya mas

  9. o iya, mas ajapul…kalo pengen cepet dengerin suara khas tabung dan mudah belinya, mungkin bisa dicoba untuk beli speaker aktif SIMBADDA seri SIMTUBE. Terima kasih.

    Salam

    Fridie

  10. salam kenal Pak Fridie

    saya baru mau belajar tentang preamp tabung ini,mau nanya kalau kita mau rekaman pake mic condenser yang harganya Rp 2.000,- ,lalu dari mic masuk ke preamp tabung,baru ke soundcard,noise bisa hilang nggak yah pak fridie? ,soalnya kemaren coba pake penguat mic,tapi noisenya besar,thanks..

  11. salam kenal juga mas Anes,

    Pada dasarnya, Pre-amp tabung bukan berfungsi sebagai filter noise, meskipun secara umum pre-amp tabung yang dibuat dengan komponen-komponen pilihan menghasilkan noise yang minim, apalagi anda memakai soundcard sebagai interface, ada beberapa catatan untuk soundcard sebagai interface, soundcard2 menengah kebawah biasanya tidak dilengkapi dengan noise filter / NR yang baik jadi hasilnya kurang bagus, kalo mau lebih bagus ada beberapa soundcard yang bisa saya rekomendasikan seperti CREATIVE jenis X-fi, dan beberapa merek lain seperti ASUS type SONAR & HDAV serta ONKYO WAVIO, yang memang dirancang untuk keperluan recording. Adapun carayang murah untuk mengurangi noise yang ditimbulkan adalah dengan menempatkan peralatan microphone agak jauh dari komputer dengan menggunakan kabel microphone dan kabel interkoneksi ke komputer yang bagus. Terima Kasih semoga berguna.

    Salam

    Fridie

  12. Salam kenal dari saya pak..
    Nama saya bubung kusyaman..saya seorang newbie audio tabung.. audio tabung buat saya adalah sesuatu yang sangat menarik sehingga saya ingin lebih tau dan menambah pengetahuan tentang audio tabung.. berawal dari saya memiliki sebuah integrated ampli merk luxman yang menggunakan 4x el34 dan 4x 12au7 dan 2x 12bh7a.. saya sudah cukup puas dengan karakter suaranya yg buat saya lebih dari cukup.. namun setelah bertahun2 timbulah sebuah masalah yaitu kadang2 speaker suaranya mengecil dan membesar sendiri diikuti dengan sember di salah satu speaker.. akhirnya saya coba mendeteksi masalah ini dengan merubah atau menukar spaleaker karena saya takut masalahnya ada dispeaker.. ternyata Setelah saya tukar masalahnya tetap sama.. suaranya seperti ada yg menghambat atau kayak nge gas.. rem.. nge gas..rem… lama2 dia normal sendiri tapi volume nya kecil tidak sama dengan volume yg satu lagi.. mohon memberikan pencerahan kepada saya tentang masalahnya.. saya kira tabungnya yg bermasalah.. dengan saya ganti semua tabungnya tapi itu tidak merubah apapun.. sekali lagi mohon maaf atas pertanyaan saya ini sebab saya tidak tau kemana saya harus bertanya..terima kasih

    • Terima kasih dan salam kenal mas Bubung,

      Kejadian diatas, berdasarkan pengalaman saya, sering disebabkan karena habisnya ’emisi’ pada salah satu komponen tabungnya, entah tabung yang mana. Tetapi biasanya hal tersebut terjadi pada blok tabung yang 12AU7, kalo masih punya cadangan tabung 12AU7 bisa dicoba diganti-ganti satu persatu nanti akan kelihatan tabung yang mana yang emisinya habis. Atau secara fisk dapat dilihat jika salah satu tabung menyala terang sekali, hal tersebut menandakan bahwa emisi tabung tersebut mulai habis dan minta diganti, yang berakibat pada noise atau suara tiba-tiba mengecil pada salah satu output speakernya. Terima kasih, semoga berguna.

      Salam

      Fridie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s